JURNALISTIK ONLINE

07.08 Carolina Lidya's Room 0 Comments

Jurrnalistik online yang juga disebut cyber journalism, jurnalisitk internet, jurnalistik web—merupakan “generasi baru” jurnalistik setelah jurnalistik konvensional (jurnalisitk media cetak: surat kabar) dan jurnalisitk penyiaran (radio dan televisi). Jurnalistik online adalah jurnalistik, online, dan website. Jurnalistik diartikan sebagai proses peliputan, penulisan, dan penyebaran informasi (actual) atau berita melalui media massa. Jurnalistik singkatnya adalah memberikatan sebuah peristiwa.

Online dipahami sebagai keadaan konektivitas (ketersambungan) mengacu kepada internet atau world wide web (www). Online merupakan bahas ainternet yang berarti dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama terdapat jaringan internet. Internet adalah system jaringan computer yang saling terhubung dan dapat diakses orang lain melalui computer lainnya. Website atau site adalah halaman yang mengandung konten (media), termasuk teks, video, audio, dan gambar. Website dikenal dengan URL (Uniform Resourcfe Locator).
Dengan begitu, jurnalistik online diartikan sebagai proses penyampaian informasi melalui media internet, utamanya website. Karena merupakan perkembangan baru dalam dunia media, website dikenal dengan “new media”. Inovasi new media antara lain, informasi dapat diaksek kapan dan dimana saja selama memiliki koneksi internet.

Sumber:
Kurniawan, Irwan. (2012). Jurnalistik Online: panduan praktis mengelola media online. Bandung: Penerbit NUANSA CENDEKIA

0 komentar: