CITIZEN JORUNALISM

07.30 Carolina Lidya's Room 0 Comments

Citizen journalism dapat didefinisikan sebagai praktik jurnalistik yang dilakukan oleh orang biasa, bukan wartawan professional yang bekerja pada media massa. Kehadiran blog dan media sosial menjadikan setiap orang menyebarkan informasi kepada publik layaknya wartawan.

Media citizen journalism bermacam-macam, mulai dari kolom komentar hingga blog pribadi. J.D. Lasica (Kurniawan, 2012:22) mengkategorikan media CJ ke dalam enam tipe, yakni:

1.      Audience participation: seperti komentar user yang di attach pada berita, blog pribadi, atau video footage yang diambil dari kamera pribadi.
2.      Independent news and information website: situs web berita/informasi independen seperti Consumer Reports & Drudge Report yang terkenal dengan Monicagatenya.
3.      Full-fledged participatory news sites: situs berita partisipatoris murni/situs kumpulan berita yang murni dibuat dan dipublikasikan sendiri oleh warga, seperti ANNEHEIRA.
4.      Collaborative and contributory media sites: situs media kolaboratif seperti Slashdotm Kuro5hin, dan Newsvine.
5.      Other kinds of “thin media”: bentuk lain dari media “tipis” seperti mailing list dan newsletter e-mail.
6.      Personal broadcasting sites: situs penyiaran pribadi seperti Ken Radio.


CJ semakin dikenal dengan hadirnya situs berita seperti Kompasiana, Detikcom, Kaskus, dll yang menyediakan fasilitas blog pagi usernya untuk membuat berita sendiri yang disebut dengan thread. Momentum CJ di Indonesia adalah ketika tahun 2005 terjadi Tsunami Aceh, Cut Putri merekam video amatir bencana tersebut kemudia di posting di metrotv dua hari kemudian. Kejadian tersebut dijadikan sejarah penting perkembangan CJ di Indonesia.
Meski begitu, salah satu tantangan CJ adalah soal akurasi, kredibilitas, dan ketaatan pada kode etik jurnalistik. Karena merasa bukan wartawan, blogger biasanya seenaknya saja membuat dan menyebarkan tulisan. Tidak ada jaminan blogger menguasai teknik dan kode etik dalam penulisan berita.

Sumber:
Kurniawan, Irwan. (2012). Jurnalistik Online: panduan praktis mengelola media online. Bandung: Penerbit NUANSA CENDEKIA

0 komentar: